Laman

Minggu, 15 April 2012

3 Type Manusia Dalam Al-Qur'an

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

Artinya :

Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. ( Al Fathir : 32 )

Dalam kapasitasnya menyikapi seruan dari Allah,maka ayat diatas membagi manusia dalam tiga tingkatan:

1.Golongan Dholimun Linafsih, ialah golongan yang selalu mendholimi dan menganiaya diri sendiri. Mereka merupakan golongan yang durhaka kepada Allah SWT, dengan meninggalkan perintaNya dan mengerjakan Larangan laranganNya.

Contoh: Dalam kewajiban sholat sehari semalam,seseorang tidak melaksanakannya secara penuh lima waktu

2.Golongan Mukhtasib, ialah golongan dari kelompok manusia yang derajatnya berada pada pertengahan, bersifat cermat dan senantiasa berhati hati dengan melaksanakan kewajiban dan menjauhi larangan laranganNya.

Contoh: Dalam kewajiban sholat sehari semalam,seseorang selalu melaksanakannya dengan penuh dan lengkap lima waktu

3.Golongan Sabiqun Bil Khairat, ialah golongan dari manusia yang senantiasa aktif dalam melakukan kebaikan. Golongan ini memiliki ruhiyyah yangtinggi dengan senantiasa melaksanakan yang wajib dan mengerjakan amalan amalan yang sunat. Hidupnya istiqomah dan menjauhi dari perkara perkara yang syubhat dan ragu ragu dalam kehidupan sehari hari.

Contoh: Selain ia melaksanakan sholat fardhu secara lengkap, maka iapun mesih menambahkan dengan sholat-sholat sunnah lainnya.

ILLUSTRASI:

MISALKAN GAJI PRT SENILAI 1 JUTA RUPIAH, DAN MAJIKAN MEMBERINYA:

- 900 RIBU >> DHOLIMUN LI NAFSIH
- 1 JUTA >> MUKHTASIB
- 1,2 JUTA >> SABIQUN BIL KHAIRAT

PERTANYAAN:
Kita masuk dalam TYPE yang mana?

Abi Fajry Faisol TN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar