Laman

Kamis, 29 Mei 2014

Bekerja Pada Hari Jum’at, Bolehkah???



S. Assalamu Alaikum pak Ustadz, saya mau bertanya:
Sebenarnya pada hari Jum’at itu kita boleh bekerja ataukah wajib libur? Sebab kadang-kadang saya sulit bisa libur kerja pada hari Jum’at. Terima kasih atas jawabannya.

U. Wa alaikum salam warahmatullahi wabarokatuh.
Jum’at adalah hari yang utama dan paling baik dalam seminggu. Dalam hari jum’at terdapat banyak amal ibadah yang jika dikerjakan oleh umat Islam maka akan mendapatkan pahala dan fadhilah yang besar. Seperti membaca shalawat Nabi, Yasinan, membaca surat Al-Kahfi, bersegera berangkat ke Masjid guna melakukan Jum’atan dan lain sebaginya. 

Oleh karena itu bagi seseorang yang ingin mendapatkan keutamaan plus pada hari jum’at dengan menfokuskan diri pada amal-amalan Jum’at, kemudian orang tersebut libur bekerja maka itu baik dan utama.
Namun bukan berarti jika terdapat sebagian umat Islam yang tetap bekerja pada hari Jum’at itu bisa divonis keliru dan berdosa. Bahkan dalam surat Al-Jumu’ah kaum muslimin diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk tetap bekerja pada hari Jum’at dan dianjurkan untuk mengais karunia Allah pada hari Jum’at tersebut:

“Apabila telah diselesaikan shalat (Jum’at), maka bertebaranlah kalian di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah secara banyak agar kalian beruntung.” (Al-Jumu’ah Ayat: 10)

Dalam ayat diatas secara jelas diterangkan bahwa diperintahkan kembali bekerja ataupun melakukan transaksi keduniaan lainnya selesai melaksanakan shalat Jum’at. Yang dilarang pada hari Jum’at adalah bekerja atau bertransaksi pada saat suara adzan Jum’at dikumandangkan.

Bahkan telah diriwayatkan ada sebagian ulama’ salaf yang berkata: “Barang siapa yang berdagang dan belanja pada hari Jum’at setelah shalat Jum’at ditunaikan, maka Allah Subhanahu wa ta’ala akan melimpahkan keberkahan kepadanya 70 kali lipat. 

Wallahu A’lam.

1 komentar:

  1. allah swt cuma tuhan palsu yang ngak tahu nama perempuan pertama dan ngak tahu umur adam.
    tunjukan dalilnya kalau allah swt tahu, kalau ngak tahu bukanTuhan karna Tuhan maha tahu.

    Surat Al-Jasiyah Ayat 16
    ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺁﺗَﻴْﻨَﺎ ﺑَﻨِﻲ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﻭَﺍﻟْﺤُﻜْﻢَ ﻭَﺍﻟﻨُّﺒُﻮَّﺓَ ﻭَﺭَﺯَﻗْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻄَّﻴِّﺒَﺎﺕِ ﻭَﻓَﻀَّﻠْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ
    Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Bani Israil Al Kitab (Taurat), kekuasaan dan kenabian dan Kami berikan kepada mereka rezeki-rezeki yang baik dan Kami lebihkan mereka atas bangsa-bangsa (pada masanya).
    Bani Israil diberikan kekuasaan dan kenabian.
    Tunjukan dalilnya kalau allah swt berkata bangsa arab diberikan kekuasaan dan kenabian ?
    Para nabi asli bani Israil, Tuhanya dalam bahasa Ibrani YHVH, tidak ada allah dalam Taurat Ibrani karna allah bukan Tuhan.

    Surat Maryam Ayat 17
    ﻓَﺎﺗَّﺨَﺬَﺕْ ﻣِﻦْ ﺩُﻭﻧِﻬِﻢْ ﺣِﺠَﺎﺑًﺎ ﻓَﺄَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺭُﻭﺣَﻨَﺎ ﻓَﺘَﻤَﺜَّﻞَ ﻟَﻬَﺎ ﺑَﺸَﺮًﺍ ﺳَﻮِﻳًّﺎ
    maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

    Jibril cuma satu menjadi manusia.
    Tuhan kristen cuma satu menjadi manusia.
    Tuhan menjadi manusia yaitu Yesus.

    BalasHapus