Laman

Senin, 07 Mei 2012

Cuplikan Tiga Nasihat Al-Ghozali Terkait Ahlakul Karimah

Dalam tulisan ini saya cantumkan tiga cuplikan nasehat Imam Al-Ghozali yang terkait dengan pelatihan diri untuk meningkatkan mutu akhlakul karimah.

1. Ghoddhul Bashor (menjaga pandangan) dan menahannya dari keleluasaan memandang dari segala sesuatu yang tercela dan dibenci oleh agama dan segala sesuatu yang bisa menyibukkan hati serta melalaikannya darimengingat Allah Swt.

Karena pandangan yang terlarang adalah “sahmun masmumun min sihami iblis” yaitu panah beracun dari panahnya iblis laknatullah. Barang siapa meninggalkan pandangan terlarang itu maka ia akan mendapatkan didalam hatinya rasa manisnya iman.

2. Hifdzul Lisan (menjaga lisan) dari dusta,ghibah (gosip),namimah (mengadu domba) dan lain-lain dengan cara menyibukkan diri berdzikir kepada Allah serta membaca Al-Qur’an.

3. Mencegah pendengaran dari segala sesuatu yang dibenci oleh agama.

Karena ada kaidah: “kullu ma haruma qouluhu,harumal isgho’u ilaih”
artinya: segala sesuatu yang haram mengucapkannya maka haram pula memperhatikannya (mendengarnya).

Didalam Al-Qur’an Allah Swt menyamakan kedudukan orang yang mendengarkan perkataan bohong (serta yang terlarang lainnya) sama dengan orang yang memakan barang haram. Sammaa’una lil kadzibi akkaaluna lis-sukhti.

Sabda Nabi Saw: Al-mugtabu wal mustami’u syarikani fil itsmi,artinya orang yang berghibah dan orang yang mendengarkannya keduanya bersekutu didalam dosa.



Abi Fajry Faisol TN.

Referensi: Ihya’ Ulumiddin
Mu'allif : Imam Al-Ghozali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar