Masalah talkin yang dilakukan sebelum mayat itu mati maka
seluruh ulama’ sepakat akan hal ini. Namun dalam kaitan mentalkin mayat setelah
kematiannya yang dilakukan diatas kubur maka terdapat dua pendapat para ulama’.
I. Ulama’ yang membolehkan
1. Dari madzhab Hanafi
Telah berkata Syaikh Abdul Ghony Al Ghonimy Ad Dimasyqy
Al-Hanafi dalam kitab beliau berjudul Al-Lubab Fi Syarhil Kitab pada jilid 1
mu’asurat 125:
“Hukum mentalkin
mayat yang sudah dikubur adalah merupakan syariat islam Ahlus Sunnah Wal
Jama’ah sebab Allah Swt menghidupkan
mayat didalam kuburnya”.
2. Dari madzhab Maliki
Imam Qurtuby Al-Maliky didalam kitab beliau At-Tadzkiroh Bi
Akhwalil Mauta Wal Akhiroh dalam mu’tsurat beliau menjelaskan amalan talkin
dilakukan oleh para ulama islam di Qurtubah dan mereka membolehkannya.
3. Dari madzhab Syafi’i
Imam Nawawi As-Syafi’e menerangkan dalam kitab beliau
berjudul Al Majmu’ pada jilid 5 ma’tsurat 303-304 :
: “para ulama dari mazhab Syafi’e menyatakan bahwa disunatkan
melakukan talqin pada mayat ketika menguburkannya”.
4. Dari madzhab Hanbali
Imam Mardawy Al-Hanbaly dalam kitabnya Al Inshof Fi
Ma’rifatir Rojikh Minal Khilaf pada jilid 2 muktsurat 548-549 menjelaskan :
Disunnahkan melakukan talkin mayat setelah menguburkannya
menurut kebanyakan ulama.
II. Ulama’ yang melarang
1. Syeikh Al-Albany mengategorikan amalan ini di dalam
bid’ah jenazah (lihat Ahkamul Janaiz hal: 217, maktabatul ma’arif)
2. Syeikh bin Baz (lihat Majmu’ dan Rasail beliau 10/361).
Lihat juga Fatawa Al-lajnah Ad-daimah 9/72.
3.Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, beliau menyatakan:
“Mentalqin mayit
setelah dikubur tidak ada hadist shahih di dalamnya, maka amalan ini termasuk
bid’ah.” (Asy-Syarh Al-Mumti’ 5/364).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar