Laman

Minggu, 12 Mei 2013

Membaca Qur’an yang ada didalam handphone, Wajibkah wudhu’?






S: Didalam Handphone saya terdapat software atau aplikasi Al-qur'annya. Yang ingin saya tanyakan pada pak ustadz, apakah saat saya memegang HP tadi atau saat saya membaca Al-qur’an yang ada didalam HP tersebut maka saya wajib berwudhu’ seperti layaknya memegang atau membaca mushaf Al-qur’an asli? Tolong pencerahannya. Terima kasih.



U: Software Al-qur’an yang ada didalam Handphone atau semisalnya seperti didalam computer atau laptop tidaklah termasuk mushaf (Al-qur’an yang tertulis dikertas), maka hukumnya tidak dilarang menyentuhnya walaupun dalam keadaan tidak suci atau hadats. Karena Al-qur’an yang terdapat didalam aplikasi atau software tersebut cuma berupa pancaran cahaya dan tidak berbentuk lembaran dan kalimat yang dituliskan.

Walaupun toh demikian maka demi memulyakan firman Allah tersebut maka apabila software tersebut diaktifkan maka kita tetap wajib wudhu, tapi jika software sedang tidak dibuka atau tidak diaktifkan maka  tidak harus wudhu’.

Wallahu a'lam.


Referensi:
Tuhfatul muhtaj Juz II Halalaman 132
Nihayatul Muhtaj Juz 1 halaman 124

Tidak ada komentar:

Posting Komentar